Tips Memilih Sekolah Fashion Design Berkualitas

Setiap anak terlahir dengan potensi yang berbeda, ada yang bakat dalam menulis cerpen, novel, atau ahli dalam matematika. Apalagi sebagai orang tua harus benar-benar paham akan kebutuhan setiap anaknya, jika salah dalam mendidik bisa saja anak tidak akan tumbuh sesuai bakat dan kemampuannya. Jika anak Anda memiliki bakat suka menggambar, mendesign setiap baju yang dikenakannya, artikel ini sangat tepat sebagai acuan untuk Anda.

Di jaman yang serba digital ini, banyak sekali media sosial yang menyajikan seputar informasi tentang dunia fashion design. Di Indonesia sendiri sangat banyak yang terjun dalam dunia fashion design, jadi tidak menutup kemungkinan untuk Anda memulai karir disini dan meraih kesuksesan.

4 Kriteria Sekolah Fashion Design Terbaik

Perlu Anda ketahui dalam sekolah fashion tidak hanya belajar mengenai merancang sebuah produk busana, mendesign, namun Anda juga dituntut untuk mampu memasarkan setiap produknya. Dalam memilih sekolah fashion design tentunya tidak boleh sembarangan, harus ada beberapa poin yang  harus di perhatikan. Berikut akan dijelaskan mengenai tips memilih sekolah fashion design berkualitas.

  • Reputasi Sekolah

Reputasi  sekolah memang menjadi komponen terpenting sebagai bahan pertimbangan untuk daftar di sekolah tersebut. Jika reputasinya baik di masyarakat akan semakin banyak peminatnya, begitu pun sebaliknya apabila reputasi sekolahnya buruk tentu saja masyarakat akan berpikir untuk kedua kalinya.

  • Biaya

Kriteria yang selanjutnya yaitu biaya, poin kedua juga menjadi bahan pertimbangan, karena tidak semua sekolah dengan biaya mahal kualitasnya juga bagus. Ada juga sekolah yang mematok biaya mahal hanya untuk keuntungan pihak sekolah. Jadi Anda harus pintar dalam memilih, cari biaya yang cukup terjangkau dengan kualitas baik.

  • Fasilitas

Fasilitas atau sarana dan prasarana menjadi alat penunjang kemajuan suatu sekolah, selain itu fasilitas yang lengkap akan mendorong prestasi semakin bagus. Percuma juga biaya mahal tapi fasilitas yang ditawarkan tidak lengkap. Hal ini akan memicu ketidaknyamanan  selama proses belajar. Apalagi sekolah fashion dimana setiap individunya harus mengerti setiap warna, lalu mengenal bahan, menggambar setiap pola, dan menjahit. Jika tidak didukung dengan fasilitas yang lengkap, proses belajar akan terhambat.

  • Visi dan Misi Jelas

Jika di sekolah umum bisa disebut dengan kurikulum, suatu sekolah entah itu sekolah memasak, fashion design tentu harus memiliki visi dan misi yang jelas. Artinya, mempunyai tujuan yang akan dicapai selama proses belajar. Mungkin selama satu tahun, harus mampu mencetak generasi muda yang ahli dalam fashion design, atau memproduksi bahannya sendiri. Jadi apabila dalam satu tahun itu tidak sesuai visi dan misinya, bisa menjadi bahan evaluasi agar lebih baik lagi.

Hal Yang Harus Anda Ketahui Jika Ingin Menjadi Designer Fashion

Menjadi seorang Designer Fashion tidak harus sekolah di sekolah mode dengan biaya yang begitu fantastis. Hal yang paling terpenting adalah Anda memiliki skill atau kemampuan, dan tentunya suka dunia fashion, seperti  harus punya basic bisa menggambar, mendesain, membuat pola dan menentukan warna yang pas.  Karena di luar sana banyak sekali pesaing sekaligus skill yang mumpuni, jika Anda hanya bermodal uang dan bangga lulusan sekolah fashion design terbaik itu tidak memungkinkan   Anda akan menjadi Designer Fashion. Selain itu kemauan yang kuat dan keyakinan yang besar akan mengantar Anda kepada kesuksesan, jika gagal bangkit dan mencoba kembali.

Share