Inilah Beberapa Tips Memilih Universitas di Australia

Negara Australia hingga detik ini menjadi salah satu perguruan tinggi yang banyak diincar oleh anak muda, semakin tahun selalu banyak peminatnya. Mungkin kuliah di Negara Kangguru menjadi impian setiap orang, destinasi yang ditawarkan mampu menghipnotis siapa saja yang memandangnya. Data yang dihasilkan ada kurang lebih 700 pelajar internasional yang menuntut ilmu di Universitas Australia. Kebiasaan masyarakat Australia yang ramah, serta padatnya aktivitas tentunya menjadi pengalaman bagi setiap pelajar disana.

Sebenarnya tidak perlu diragukan lagi kualitas yang ditawarkan serta reputasi pendidikannya, hal ini dibuktikan Universitas Australia masuk dalam kategori universitas terbaik di seluruh dunia. Sebut saja Universitas of Melbourne, dan Australian National University berada di posisi 37 dan 38. Berikut akan dijelaskan beberapa tips memilih Universitas di Australia untuk Anda.

5 Tips Memilih Universitas Australia Terbaik

Tidak dapat dipungkiri, peminat yang ingin sekolah di perguruan tinggi luar negeri cukup tinggi, bagaimana tidak Maudy Ayunda saja sampai galau antara memilih Harvard atau Stanford. Ya, meskipun kedua universitas tersebut bukan di Australia. Ini membuktikan bahwa kuliah di luar negeri cukup banyak peminatnya, sekaligus menjanjikan. Tapi kembali lagi kepada skill yang dimiliki, sudah capek kuliah di luar neger tapi tidak memiliki skill tentu akan membuang waktu saja.  Lalu bagaimana tips memilih Universitas di Australia?.

  • Dilengkapi dengan CRICOS

Pada umumnya kriteria suatu sekolah atau perguruan tinggi itu sama, namun untuk lebih mempermudah Anda dalam memilih perguruan tinggi yang Anda inginkan tentunya yang pertama harus memiliki CRICOS. Suatu lembaga pendidikan diwajibkan untuk memiliki CRICOS atau Commonwealth Register of Institutions and Courses for Overseas Students. Jika suatu lembaga pendidikan tidak memiliki CRICOS dipastikan tidak boleh melayani pelajar internasional dan akan ditutup tidak boleh beroperasi selama tidak memiliki kode CRICOS ini.

  • Jurusan yang Ditawarkan

Kriteria yang kedua, pastikan perguruan tinggi tersebut menawarkan jurusan yang kamu inginkan. Misalnya Anda sangat suka dunia pendidikan dan bercita-cita membangun sekolah, Anda bisa mengambil jurusan Manajemen Pendidikan, atau Administrasi Pendidikan. Dalam memilih jurusan tidak boleh asal begitu saja, harus disesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki oleh Anda. Banyak juga pelajar yang merasa terjebak dengan jurusannya, itu karena tidak dipikirkan secara matang terlebih dahulu.

  • Lokasi

Lokasi sangat berpengaruh dalam proses belajar Anda, pilih lokasi kampus yang dekat dengan akses kota. Misalnya, adakah transportasi umum yang melayani rute menuju kampus Anda, alangkah baiknya jika ada sanak keluarga disana. Ada salah satu kampus di Australia yang dekat dengan akses jalan dan kota yaitu ACAE (Australian College of Applied Education) letaknya tepat di Perth CBD.

Dekat dengan stasiun sekitar 5 menit waktu yang dibutuhkan, dan 10 menit waktu yang dibutuhkan dari terminal. Ini bisa menjadi bahan untuk Anda, dan bisa menghemat uang jajan. Tapi, jika suka hidup yang menantang dan mencari pengalaman yang lebih banyak Anda bisa mencari universitas yang lainnya.

  • Biaya Pendidikan

Kriteria ini sangat perlu diperhatikan, karena mencakup biaya hidup Anda sekaligus biaya apartemen atau kos. Jadi Anda harus pandai mengatur keuangan, meskipun biaya pendidikan di Australia beragam sesuai dengan jenjang pendidikan. Ada tips tersendiri untuk Anda agar pengeluaran lebih terkendali.

Buatlah sebuah rincian terkait biaya kuliah per semesternya, biaya pendaftaran kuliah, biaya tempat tinggal, asuransi kesehatan, dan biaya yang lainnya (hal yang tidak terduga).Kalkulasi seperti ini sangat efektif dan efisien untuk menekan pengeluaran maupun pengeluaran agar seimbang.

  • Biaya Hidup

Beragamnya pilihan perguruan tinggi di Australia di kota-kota modern memberikan dampak yang berbeda dalam biaya hidup. Belajar di kota metropolitan, dan tidak pandai mengatur uang akan berakibat sangat buruk. Ditambah mengikuti gaya hidup yang serba mewah, barang bermerek, trend masa kini, glamour, dipastikan studi Anda akan lama selesai. Inilah mengapa gaya hidup begitu besar pengaruhnya terhadap biaya hidup. Oleh karena itu, mulai saat ini fokuskan pada tujuan utama Anda yaitu belajar.

Mengapa Harus Sekolah Di Australia?

Sebagian orang mungkin akan bertanya, mengapa harus sekolah di Australia? Sedangkan di Amerika, Inggris juga tidak kalah kualitasnya. Ada beberapa kelebihan jika Anda kuliah di Australia yaitu, dari segi ekonomi sangat kuat, hal ini sangat memungkinkan pelajar yang lulus disana akan mendapatkan pekerjaan. Kedua, menjadikan Australia sebagai kota yang paling layak dihuni di dunia, tentu saja pelajar akan merasa nyaman selama proses belajar. Ketiga, Australia adalah tempat berkumpulnya universitas terbaik di seluruh dunia. Berdasarkan data ada sekitar 20 Universitas Australia yang berada di posisi 400 teratas. Jadi masih heran untuk menuntut ilmu di Negara Kangguru ini? Yuk siapkan tekad dan skill untuk mewujudkannya.

Share