Cara Atur Biaya Kuliah Luar Negeri Sejak Dini

Tahukah Anda bahwa dewasa ini ada banyak orang tua yang ingin menyekolahkan anaknya ke luar negeri. Tentu ada beberapa alasan untuk melakukan hal tersebut. Diantaranya adalah karena banyak sekolah yang ada di luar negeri yang memiliki sistem pendidikan yang lebih baik. Selain itu tenaga pengajar dan fasilitas pendidikan yang lebih berkualitas. Serta bertujuan agar supaya anak bisa lebih bersaing secara global di kehidupan nyata nantinya.

Namun harus disadari bahwa untuk bisa kuliah di luar negeri pasti membutuhkan biaya yang cukup besar. Tak jarang banyak orang tua yang gagal mewujudkan rencana menyekolahkan anak mereka ke luar negeri hanya karena kendala biaya tersebut. Untuk itulah sangat penting untuk mempersiapkan biaya pendidikan, khususnya jika Anda ingin menyekolahkan anak kuliah di luar negeri.

Ketahui Cara Tepat Mempersiapkan Biaya Kuliah Di Luar Negeri Sejak Dini

Agar supaya nantinya Anda dan anak Anda tak mengalami kesulitan dalam hal biaya dan lain sebagainya saat harus kuliah di luar negeri maka harus dipersiapkan secara matang dan sejak dini. Persiapkan dana pendidikan sejak usia dini dari sejak anak dalam kandungan jika perlu. Untuk itu orang tua benar-benar harus merencanakan semuanya yang mana berarti ada waktu sekitar 17 hingga 18 tahun untuk menabung agar supaya bisa bersekolah ke luar negeri dengan maksimal.

Berikut beberapa cara yang tepat untuk Anda lakukan dalam mempersiapkan biaya kuliah di luar negeri.

  1. Tabungan perencanaan

Langkah yang pertama adalah dengan membuat tabungan perencanaan. Konsep tabungan yang satu ini adalah dengan menabung setiap bulan dan hanya bisa diambil jika anak akan mengambil studi di luar negeri sesuai yang sudah direncanakan. Sudah banyak bank lokal yang melayani tabungan perencanaan terkait persiapan pendidikan anak.

  1. Pastikan anak Anda siap secara fisik dan mental

Sebelum Anda memutuskan akan memilih negara mana dan universitas yang mana, tentunya Anda harus mendiskusikannya terlebih dahulu bersama anak Anda. Pastikan anak memilih negara dan universitas yang benar-benar diminatinya. Berperanlah sebagai pembimbing bukan penentu keputusan. Biarkan anak kuliah sesuai dengan jurusan yang diminatinya. Jangan lupa untuk memantau kesehatannya agar supaya anak siap dan sehat secara fisik serta mental untuk hidup mandiri di negara orang.

  1. Kemampuan akademik

Pastikan juga anak Anda memiliki kemampuan akademik yang sesuai dengan kualifikasi universitas tujuan. Tentunya Anda tak ingin anak Anda nantinya berhenti kuliah di tengah jalan hanya karena kurang mampu bersaing dengan siswa lainnya bukan?

Diantara kemampuan akademik yang juga harus dikuasai adalah kemampuan berbahasa asing khususnya tentang penguasaan bahasa internasional bahasa Inggris. Hal ini menjadi sangat penting terutama karena bahasa menjadi salah satu alat komunikasi yang digunakan dalam berbagai hal.

  1. Kemampuan untuk hidup mandiri dan beradaptasi dengan cepat

Dan yang terakhir adalah mempersiapkan anak untuk hidup mandiri dengan hemat dan efisien. Kebiasaan hidup mandiri dan hemat harus dibiasakan sejak dini agar supaya nantinya anak mudah beradaptasi saat harus tinggal di luar negeri tanpa orang tua mereka.

Lalu Bagaimana Cara Membuat Tabungan Perencanaan Untuk Persiapan Biaya Kuliah Di Luar Negeri?

Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu untuk datang ke bank yang Anda tunjuk. Kemudian lengkapi persyaratan berkas yang dibutuhkan disana. Tentu saja data anak yang sedang dipersiapkan biaya pendidikannya juga harus Anda masukkan. Kemudian Anda akan diberi penjelasan tentang sistem tabungan perencanaan dan bagaimana cara bekerjanya.

Umumnya besar tabungan disesuaikan dengan perkiraan kebutuhan biaya kuliah nantinya. Setelah diketahui total biaya kuliah, barulah dibagi sejumlah waktu menabung yang tersedia. Tabungan harus disetorkan secara rutin dan Anda bisa memilih untuk membayar secara bulanan, setiap 3 bulan, satu semester atau setiap satu tahun sekali. Dan ingat tabungan perencanaan hanya bisa diambil sesuai waktu yang telah disepakati, yaitu pada saat anak lulus dari SMA. Sekian ulasan singkat tentang persiapan dana untuk kuliah di luar negeri dengan tepat dari sejak usia dini.

Share